0


Untuk adik-adik yang sedang mau mengikuti jalur tes SNMPTN/SBMPTN ke perguruang tinggi tertentu perlu adik-adik ketahui dulu apa itu SNPTN? apa itu SBMPTN? Mari kita bahas sedikit.

SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN

Download Juga: Soal Olimpiade Nasional Tahun 2017

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis.
Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional.
Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Untuk mensukseskan tes SNMPTN/SBMPTN yang akan adik-adik laksanakan silahkan Download Contoh Soal SNMPTN/SBMPTN Beserta Jawabannya di bawah ini:

[Download] Latihan Soal SBMPTN Tahun 2017 untuk kelompok ujian saintek.

[Download] Latihan Soal SBMPTN Tahun 2017 untuk kelompok ujian soshum.

[Download] Latihan Soal SBMPTN Tahun 2017 untuk kelompok ujian campuran.



Post a Comment

 
Top