0
Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.
Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.

Download Juga: Soal Latihan SBMPTN/SNMPTN Tahun 2017 Beserta Jawabannya

Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.
Bidang yang dilombakan daintaranya:
·         Jenjang SD: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
·       Jenjang SMP: Matematika, Fisika, Biologi, dan pada tahun 2008 ditambahkan bidang baru yaitu Astronomi, tetapi pada tahun 2009, bidang Astronomi ditiadakan kembali. Tahun 2010 ditambahkan bidang baru yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada tahun 2015, bidang Fisika dan Biologi digabung pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam sehingga sekarang terdapat 3 bidang untuk jenjang SMP, yaitu Matematika, IPA, dan IPS.
·        Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, dan pada tahun 2008 ditambahkan bidang baru yaitu Kebumian. Lalu pada tahun 2013 ditambahkan bidang baru yaitu Geografi.
Seleksi
Proses atau metode seleksi Olimpiade Sains Nasional tergantung dari jumlah (kuota) peserta setiap tahunnya. Setiap tingkat memiliki jumlah peserta yang berbeda-beda tiap tahunnya. Umumnya tingkatan seleksi OSN dilaksanakan sebagai berikut:
1.   Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kecamatan (khusus untuk SD), diseleksi peserta untuk mewakili kecamatan di tingkat kabupaten/kota. Seleksi dilakukan oleh UPT Dinas Pendidikan Kecamatan. Jumlah siswa yang dipilih untuk mewakili disesuaikan dengan kebutuhan kabupaten/kota.

2.     Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota/Kabupaten, diseleksi peserta untuk mewakili ke tingkat provinsi. Seleksi dapat dilakukan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten maupun Dinas Pendidikan Provinsi, umumnya dipilih 3 siswa/kabupaten (untuk seleksi yang dilakukan kota/kabupaten) atau siswa yang berjumlah 3 kali jumlah kabupaten (untuk seleksi yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi).

3.     Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi, diseleksi peserta untuk mewakili ke tingkat nasional. Seleksi untuk tingkat SD dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan dipilih 3 siswa/mapel/provinsi untuk mewakili provinsi tersebut ke tingkat nasional. Seleksi untuk tingkat SMP dan SMA dilakukan oleh panitia pusat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memilih siswa sejumlah kuota/passing grade untuk masing-masing bidang mata pelajaran.

4.    Olimpiade Sains Nasional. OSN dilaksanakan dengan peserta menurut passing grade yang telah ditentukan oleh Kemdikbud. Di tingkat nasional ini diperebutkan 30 medali; 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu.
Tempat Pelaksanaan:
1.      OSN XVI tahun 2017
·         untuk tingkat Semua Jenjang (SD, SMP, dan SMA) diadakan di Pekanbaru, Riau pada 02-08 Juli 2017.
·         untuk tingkat SMA diadakan di Pekanbaru, Riau pada 20-26 Agustus 2017.
2.     OSN XXVI tahun 2018
·         untuk tingkat SMA akan diadakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Sumber: Wikipedia
Itulah sedikit penjelasan tentang Olimpiade Sain Nasional yang dikutip dari Wikipedia Indonesia. Bagi yang mengikuti Olimpiade Sain Nasional ini, Anda bias Download Contoh Soal Olimpiade Sain Nasional tahun 2017 di bawah ini.

DOWNLOAD] Soal Asli Olimpiade SD Mapel IPA

DOWNLOAD] Soal Asli Olimpiade SD Mapel Matematika

DOWNLOAD] Soal Asli Olimpiade SMP  Mapel Matematika


DOWNLOAD] Soal Asli Olimpiade SMA Mapel Matematika

Post a Comment

 
Top