0

A.    Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah perubahan yang terjadi pada setiap manusia terutama berkaitan dengan fisiknya. Vasta (1992) mengemukakan bahwa panjang bayi  menjadi hampir dua kali pada usia 4 tahun.

Anak lak-laki dam perempuan pada usia 10 tahun hampir sama tingginya. Pada usia antara 10 dan 12 tahun anaka perempuan tumbuhan dengan pesat, sedangkan pada anak lak-laki  hal itu terjadi antara umur 12 dan 14. Vasta selanjutnya mengatakan bahwa tinggi badan berlangsung sampai sekitar umur 15 atau 16 tahun pada anak perempuan dan pada anak laki-laki sampai umur 17 atau 18 tahun.

Pertumbuhan berlangsung selama masa kanak-kanak tetapi tidak dalam kecepatan yang menetap, kemudian kecepatannya menurun dan menjadi pesat kenaikannnya pada masa adolesen dan selanjutnya berhenti.

B.     Pengertian Perkembangan
Menurut Santrok dan Yussen (1992) perkembangan adalah pola gerakan atau perubahan yang dimulai pada saat terjadi pembuahan dan berlangsung terus selama siklus kehidupan. Psikolog perkembngan memusatkan perhatiannya pada perubahan-perubahan perilaku dan kemampuan yang terjadi pada saat terjadinya perkembangan.

C.    Proses Perkembangan
Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik

1.      Masa Perkembangan yang Cepat
Pada anak terjadi pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan pertumbuhan yang dialami spesies lain. Perubahan fisik, misalnya pada tahun pertama lebih cepat daripada tahun-tahun berikutnya. Hal yang sama terjadi juga pada perubahan yang menyngkut interaksi sosial, perolehan dan penggunaan bahas, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi lainnya.

2.      Pengaruh yang Lama
Alasan lainnya mengapa mempelajari anak ialah bahwa peristiwa-peristiwa dan pengalaman-pengalaman pada tahun awal-awal memberikan pengaruh yang lama dan kuat terhadap perkembangan individu pada masa-masa berikutnya.

3.      Proses yang Kompleks
Para peneliti yang mencoba memahami perilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan sangat berguna. Masalnya ialah bahwa kebanyakan orang dapat membuat kalimat yang pannjang dan dapat mengerti oleh orang lain. Manusia mampu berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa yang dipergunakan mengikuti turan-aturan tertentu.

                       Sumber : Buku Perkembangan Peserta Didik,
          MKDK4002,  Karangan   Mulyani Sumantri
   



Post a Comment

 
Top