0


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai contoh profosal PTK. mari kita bahas dulu sedikit tentang Pengertian PTK.

A.    Pengertian PTK
Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai  guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.

B.     Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
1.  Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaaikan.
2.  Self-reflective inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau objek atau tempat lain sebagai responden, maka PTK mempersyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui refleksi diri.
3.  Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
4.  Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan.

C.    Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Kelas
Penelitian tindakan kelas (PTK) tentu berbeda dri penelitian kelas (classroom research). PTK termasuk salah satu jenis penelitian kelas karena memang penelitian tersebut dilakukan di dalam kelas. Namun penelitian kelas yang dapat didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan di dalam kelas, mencakup tidak hanya PTK, tetapi juga berbagai jenis penelitian yang dilakukan di dalam kelas. 

Penelitian kelas yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan cara Flanders, yang mengamati proporsi berbicara antara guru dan siswa. Hasil-hasilnya mungkin sudah dibaca, yang masih menemukan bahwa guru selalu mendominasi pembicaraan di kelas. Jelas dalam penelitian kelas seperti ini, kelas dijadikan sebagai objek penelitian, dan penelitinya dilakukan oleh orang luar yang mengumpulkan data dengan cara mengamati guru mengajar.

D.    Mengapa PTK Perlu Dilakukan Oleh Guru ?
Penelitian kelas yang dilakukan oleh guru dipandang sebagai suatu unjuk kerja seorang guru yang profesional karena studi sistematik yang dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda (hallmark) dari pekerjaan guru yang profesional. Dari sisi ini ada dua argumentasi yang dapat dikemukakan ( Hopkins, 1993. Hal.34-42 ).

Pertama, guru yang baik perlu mempunyai otonomi dalam melakukan penelitian profesional, sehingga sesungguhnya, ia tidak perlu diberitahu apa yang harus dikerjakan.

Kedua, ketidaktepatan paradigma penelitian tradisional dalam membantu guru memperbaiki kinerjanya dalam mengajar.

Sumber : Buku Penelitian Tindakan Kelas, karangan IGAK Wardhani,
                            dan Kuswaya Wihardit.



[DOWNLOAD] Contoh Profosal PTK




Post a Comment

 
Top