0
 Download Contoh Jurnal Perencanaan Perpustakaan


Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan, perpustakaan sekolah berfungsi sebagai penunjang belajar bagi para siswa/siswi juga membantu siswa dan guru dalam memacutercapainya tujuan pendidikan di sekolah.Perpustakaan sekolah harus memungkinkan para guru dan siswa memperoleh kesempatan untuk memperluas dan menambah pengetahuandengan membaca bahan pustaka yang diperlukan dalam proses belajar dan mengajar. Keberadaan perpustakaan selama ini belum mendapat perhatian di beberapa sekolah diposisikan sebagai pelengkap saja, setiap pergantian kurikulum para guru mendapat penataran manajemen sekolah. Tetapi nasib perpustakaannya jarang dipikirkan.

Dalam Undang-Undang RI nomor 20 tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,.pada bab I pasal 1 ayat 23 disebutkan bahwa “Sumber daya pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga pendidikan, masyarakat, dana, sarana dan prasarana”. tidak disebutkan dengan jelas komponen apa saja yang dimaksud dengan sarana dan prasarana.Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU No. 2 tahun 1989 pasal 35). dijelaskan bahwa setiap satuan pendidikanbaik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar.Pada penjelasan pasal tersebut diterangkan bahwa salah satu sumber belajar adalah perpustakaan[1].Perpustakaan sering dikatakan sebagai jantungnnya sebuah lembaga pendidikan, baik di pendidikan tinggi, sekolah, madrasah. Perpustakaansebagai salah satuperangkat penyelenggara pendidikan yang berdaya upaya ikut serta mengemban misi indukKeberadaan perpustaaan harus sejalan dengan badan iduknya yaitulembaga pendidikan di sekolah, madrasah, pesantren dll.

Fungsi perpustakaan mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar, yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pelestarian bahan pustakan; fungsiperpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan; serta tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Contoh Jurnal Perencanaan Perpustakan di bawah ini


 [ DOWNLOAD ]


Post a Comment

 
Top